Praktek Kerja Nyata.

  1. Praktek kerja nyata, dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kerja kepada mahasiswa agar memperoleh pengalaman kerja dan pengetahuan praktis dilapangan.
  2. Bidang pada praktek kerja nyata adalah: Manufaktur, Otomotif.
  3. Tempat pelaksanaan praktek kerja nyata adalah di: Perusahaan, Proyek, Bengkel atau Instansi yang ditentukan Program Studi atau yang dipilih mahasiswa dan disetujui program studi.
  4. Prasyarat dan lama praktek kerja nyata:
  • Telah menempuh ≥80 sks dengan IP ≥ 2,00 dan tanpa nilai E.
  • Praktek kerja nyata dilaksanakan minimal 2 bulan.

Dalam melaksanakan praktek kerja nyata, seorang mahasiswa akan mendapatkan bimbingan dari tempat melaksanakan praktek kerja nyata dan pembimbing dari program studi yang ditetapkan berdasarkan surat keputusan

  1. Mahasiswa diwajibkan membuat laporan hasil pelaksanaan praktek kerja nyata yang disusun berdasarkan format dan tatacara penulisan karya ilmiah yang telah ditentukan oleh program studi.
  2. Laporan praktek kerja nyata dibuat 4 exemplar, harus ditanda tangani oleh fihak perusahaan dan fihak program studi, diserahkan ke program studi 1 exemplar asli, diserahkan ke perpustakaan 1 exemplar, diserahkan ke perusahaan 1 exemplar dan arsip mahasiswa yang bersangkutan 1 exemplar.
  3. Nilai akhir praktek kerja nyata merupakan gabungan dari nilai bimbingan dari dosen pembimbing dan nilai prestasi kegiatan selama melaksanakan praktek ditempat kerja.
  4. Proses bimbingan dalam penyusunan/penyelesaian laporan PKN dilakukan dengan batas waktu 6 (enam) bulan, apabila melebihi batas waktu tersebut maka dinyatakan gugur.
  5. Prosedur pengambilan praktek kerja nyata:
  • Mahasiswa dapat memilih sendiri tempat pelaksanaan praktek kerja nyata dan disetujui oleh program studi, atau ditentukan oleh program studi, setelah mahasiswa menyelesaikan administrasi yang diperlukan.
  • Program studi mengelola surat menyurat dan administrasi praktek kerja nyata.

Ketentuan/peraturan lain serta sangsi  bagi mahasiswa yang berkaitan dengan Praktek Kerja Nyata, akan ditetapkan oleh program studi