Bengkel Gratis ITN Malang Diserbu Warga

kegiatan-bengkel-gratis-ITN-Malang-2017

Kegiatan tahunan mahasiswa teknik mesin D3 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang membuka bengkel gratis membuat warga sangat antusias. Wajar saja jika kegiatan yang berlangsung di kampus II tersebut langsung diserbu oleh warga sekitar. “Ini tadi baru dibuka langsung banyak warga yang datang, hingga kini sudah 18 orang yang membawa motornya ke sini,” terang Alvin Yulianto, salah satu panitia penyelenggara saat ditemui di lokasi acara.

Menurut pemuda semester lima itu para warga yang datang menservis motornya dengan segala keluhan. Ada yang hanya ganti oli, ganti bosi, kampas rem, bola lampu, hingga bongkar mesin. Setelah dilakukan servis, dites drive sebelum diserahkan kepada pemiliknya. “Tes drive ini untuk memastikan bahwa motornya bener-bener sudah baik,” lanjut mahasiswa asli Malang itu.

Sementara itu, Peniel I. Gultom, ST, MT, kepala prodi teknik mesin D3 yang juga ada dilokasi acara menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian ujian semester ganjil. Harapannya adalah mahasiswa tidak hanya menerima teori di kelas, tetapi dapat mempraktekkan di lapangan. “Dengan ini mereka dapat pengalaman baru dan ilmu,” tutur pria asal Batak itu.

Selain itu, juga membekali mahasiswa tentang manajeman perbengkelan. Karena pada kegiatan ini juga dibagi peran, antara panitia, montir, dan juga helper. Ketiga elemen ini merupakan bagian penting dalam perbengkelan. “Mereka tak hanya dapat mengenal masyarakat tetapi juga, bagaimana mengelola bengkel,” kata dia. (her)